Sekilas SIG (Sistem Informasi Geografis ) + Tutorial

Posted: August 31, 2008 in SIG

Sekilas SIG (Sistem Informasi Geografis ).

Sistem Informasi Geografis (SIG) adalah suatu sistem yang men-capture, mengecek, mengintegrasikan, memanipulasi, menganalisa, dan menampilkan data yang secara spatial (keruangan) mereferensikan kepada kondisi bumi. Teknologi SIG mengintegrasikan operasi-operasi umum database, seperti query dan analisa statistik, dengan kemampuan visualisasi dan analisa yang unik yang dimiliki oleh pemetaan.

Kemampuan inilah yang membedakan SIG dengan Sistem Informasi lainnya yang membuatnya menjadi berguna untuk berbagai kalangan untuk menjelaskan kejadian, merencanakan strategi, dan memprediksi apa yang akan terjadi<!–more–>.

1. Komponen Utama GIS

Komponen kunci dalam GIS adalah sistem komputer, data geospatial (data atribut) dan pengguna , yang dapat digambarkan sebagai berikut :

Sistem komputer GIS terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software) dan prosedur untuk penyusunan pemasukkan data, pengolahan, analisis, pemodelan (modelling), dan penayangan data geospatial.

Sumber-sumber data geospatial adalah peta digital, foto udara, citra satelit, tabel statistik dan dokumen lain yang berhubungan. Data geospatial dibedakan menjadi:

1. Data grafis/geometris, mempunyai tiga elemen : titik (node), garis (arc) dan luasan (poligon) dalam bentuk vector ataupun raster yang mewakili geometri topologi, ukuran, bentuk, posisi dan arah.

2. Data atribut/data tematik

Fungsi pengguna berguna untuk memilih informasi yang diperlukan, membuat standar, update data yang efisien, analisa output untuk hasil yang diinginkan serta merencanakan aplikasi.

2. Manfaat SIG

Tak lengkap rasanya apabila membicarakan SIG tanpa mengetahui manf’aat yang dapat

diperoleh. Dengan SIG kita akan dimudahkan dalam melihat fenomena kebumian dengan perspektif yang lebih baik.SIG mampu mengakomodasi penyimpanan, pemrosesan, dan penayangan data spasial digital bahkan integrasi data yang beragam, mulai dari citra satelit, foto udara, peta bahkan data statistik. Dengan tersedianya komputer dengan kecepatan dan kapasitas ruang penyimpanan besar seperti saat ini, SIG akan mampu memproses data dengan cepat dan akurat dan menampilkannya.

SIG juga mengakomodasi dinamika data, pemutakhiran data yang akan menjadi lebih mudah. Ambil contoh seperti kondisi Aceh yang beberapa waktu lalu dihempas tsunami yang mengakibatkan korban dan kerugian yang banyak sekali. Bayangkan dengan citra satelit yang beresolusi tinggi kita dapat melihat kondisi suatu lokasi dipermukaan bumi secara akurat. Kemudian hasil survey rekan-rekan yang bekerja dilapangan dapat langsung di masukkan dalam database spasial yang telah ada sebelumnya untuk mengetahui lokasi rawan dan butuh segera ditangani. Informasi tersebut kemudian bisa di upload ke internet dan tersebarlah informasi ke penjuru dunia.

Gambar disamping merupakan salah satu citra Ikonos yang merekam sebelum dan sesudah kejadian tsunami di Aceh. (http://www.disasterscharter.org/) Integrasi data citra satelit seperti yang tampak pada gambar tersebut dengan data-data yang lain menggunakan SIG akan menghasilkan informasi baru yang benar-benar sangat membantu sekali. Seperti saat ini dalam proses pemulihan kembali Aceh, rekan-rekan yang berkarya dibidang SIG sedang melakukan penyusunan data spasial kembali. Hasilnya kelak pasti akan membantu pembangunan Aceh kita tunggu saja.

Seluruh artikel diatas, disadur dari

1. Nur Meita Indah Mufidah email : Meita153@gmail.com

2. Daniel Hary Prasetyo email : daniel@if.ubaya.ac.id

Untuk mendownload dasar-dasar GIS, silahkan klik link diawah ini :

1.aplikasi-sistem-informasi-geografis-sig

2. arifdarmawan-gis

3. beny_harjadi

4. daniel-sig

5. nurmeita-gis

6. Contoh pembuatan Aplikasi lengkap + tutorial – SIG

Comments
  1. ghofar says:

    thank’s atas data data nya…..

    berguna banget buat refrensi kuliah q……

  2. ferdinanddwi says:

    sama – sama mas. disini qt sama – sama belajar

  3. farazinux says:

    Siippp brooo …! Semoga makin berkembang…!

  4. Terima kasih ni pencerahannya, soalnya aku sudah lama tidak membaca perkembangan SIG, nih lagi reuni lagi biar tidak katrok,

  5. siska says:

    mas… saya maw minta contoh2 tutorial pembuatan sig web klo ada… kirim ke email ya mas….thx

  6. ighfir says:

    permisi,numpang tanya,,aku kesulitan di pmapper,boleh minta bantuannya para mastah2 ini?

    • kurniawandwi says:

      Pake Mapscript yah… hehehe… saya ud brp tahun ndak pegang Mapserver, skrng kalo offline sering pake SVG aj. emank da masalah apa ? sapa tau bs bantu… hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s